Mata kuliah ini membahas mengenai konsep suhu; kalor; perubahan wujud zat; pemuaian; perpindahan kalor; dan termodinamika secara komprehensif serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


Perkuliahan ini memberikan pemahaman/wawasan mengenai morfologi (bentuk luar) dan
anatomi (struktur secara mikroskopik) organ-organ tumbuhan untuk dikaitkan dengan fungsi yang dilakukan organ tumbuhan tersebut dalam menopang kehidupan. Kuliah ini mencakup penjelasan untuk memahami struktur dan fungsi sel, jaringan, dan organpada tumbuhan. Pada prinsipnya matakuliah ini terbagi menjadi: 1) ruang lingkup morfologi, anatomi, dan fisiologi tumbuhan; 2) fotosintesis dan respirasi tumbuhan; 3) pertumbuhan berupa diferensiasi dan morfogenesis; 4) perkembangan tumbuhan; 5) anatomi organ primer (akar, daun, dan batang); 6) organ reproduksi tumbuhan; 7) hormon tumbuhan; 8) fotoperidisme; 9) dormansi.


Perkuliahan ini memberikan pemahaman/wawasan mengenai cakupan mata kuliah genetika meliputi: 1) genetika Mendel, 2) mekanisme sel, 3) determinasi seks dan pautan seks, 4) pindah silang dan peta kromosom, 5) alel majemuk, 6) materi genetik dan transfer informasi genetik, 7) mutasi gen, dan 8) genetika populasi sebagai pengantar evolusi.

Mata kuliah ini membahas konsep dasar penelitian dan statistika, jenis-jenis data, teknik sampling, dan berbagai pengujian statistik yang diperlukan dalam penelitian, seperti: uji normalitas, uji homogenitas, one sample t-test, paired sample t-test, independent t-test, one way anova, dan uji regresi linier.

Mata kuliah ini mempelajari tentang ruang lingkup profesi kependidikan, Pengertian dan syarat profesi keguruan, memahami Kode etik profesi keguruan, memahami organisasi profesi keguruan, memahami sasaran sikap profesional dan pengembangan sikap profesional, memahami syarat-syarat menjadi guru professional, memahami guru professional sebagai komunikator dan fasilitator, memahami permasalahn yang dihadapi oleh guru, memahami supervisi pendidikan, memahami bimbingan dan konseling.

Mata kuliah ini mempelajari mengenai getaran, gejala gelombang, jenis gelombang, sifat-sifat gelombang, gelombang bunyi, karakteristik bunyi, sumber bunyi, efek dopler, gelombng cahaya, cermin lengkung, lensa tipis, interferensi dan difraksi, refraksi dan refleksi, dispersi dan polarisasi.