Mata kuliah ini membahas  tentang  langkah-langkah  penerapan analisis dan tingkah laku  di kelas, juga reinforcement maupunpunishment untuk memperkuat /meningkatkan tingkah laku yang dikehendaki dari mahasiswa dan menghentikan tingkah laku mahasiswa  yang tidak dikehendaki.

Mata Kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep-konsep dan langkah-langkah penelitian kualitatif serta berlatih menyusun proposal penelitian kualitatif. Materi perkuliahan ini meliputi konsep dasar metodologi penelitian kualitatif, masalah penelitian, fokus, dan judul penelitian. Selanjutnya disajikan tentang data, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

Pembentukan kompetensi dalam kegiatan praktikum ini mengacu  pada standar kompetensi konselor sebagaimana tercantum dalamPermendiknas no.27/2008 tentangmenyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan.Melalui program perkuliahan  yang dirancang dalam bentuk praktik laboratorisini diharapkan mahasiswamampu: 1)mendidkripsikan profil diri melalui tehnik  photovoice.2)mengekplorasi  komunitas di luar sekolah berkaitan dengan  fenomena sosial di masyarakat.3) Mempresentasikan hasil potret diri secara individual dan komunitas di luar sekolah  secara kelompok. 4) Melaporkan kegiatan dan hasil observasi lapangan.

Mata kuliah ini sebagai pendukung ketrampilan kusus dari kompetrensi konselor yang harus di kuasai mahasiswa jurusan bimbingan konseling .
Mata kuliah konseling krisis berisi penertian ,teori tentang konseling krisis,macam macam dan latar belakang krisis serta bagaimana mengatasi krisis kepribadian ,kebingungan setelah ada peristiwa yg bersifat mendadak dan memiliki resiko yang tinngi .Melalui pendekatan konseling krisis diharapkan konseli bisa lebih tenang dan lebih fokus untuk memahami permasalahannya ,mengenal potensi pendukung di sekitarnnya dan memanfaatkan untuk mengatasi permasalahannya.