Mata kuliah ini berisi tentang pendekatan penelitian (research approach) meliputi pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif; guru sebagai peneliti: masalah, manfaat, dan tujuan penelitian; macam-macam penelitian pendidikan; pedoman penelitian kelas;  usaha melihat dunia yang lebih luas; evaluasi sebagai salah satu bentuk penelitian; memerlukan teori dan konteks pembelajaran matematika; guru sebagai subyek sekaligus obyek penelitian; memanfaatkan penelitian untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran; mampukah guru memanfaatkan penelitian untuk mengembangkan model-model pembelajarannya.

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas membahas tentang metodologi penelitian tindakan kelas yang meliputi konsep dasar penelitian tindakan, karakteristik penelitian tindakan, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan, analisis dalam penelitian tindakan kelas, format usulan penelitian tindakan kelas, dan contoh implementasi penelitian tindakan kelas dalam pendidikan matematika

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa untuk merancang, mengembangkan, dan memfasilitasi pembelajaran matematika secara online. Isi Mata kuliah ini meliputi: pengantar media pendidikan matematika (Pengenalan E-learning), Merancang desain media pembelajaran online, Mengembangkan proses pembelajaran online (merancang desain dan konten kelas online), Memfasilitasi pembelajaran online (menyampaikan materi dan memfasilitasi diskusi serta assesmen & evaluasi)

Mata kuliah ini mengkaji tentang dasar-dasar pengaplikasian prangkat lunak (software) Maple, Mathlab, Geogebra, dan Cabri3D dalam membantu mengkonstruksikan, menggambarkan, dan memanipulasi objek-objek matematis. Mata kuliah ini juga membahas tentang penerapan perangkat lunak tersebut sebagai media pembelajaran.


Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang kompetensi pendidik, kalender pendidikan, program semester, program tahunan, dan model, pendekatan, strategi/metode, dan teknik pembelajaran.

Mata kuliah metode numerik berisi tentang metode-metode penyelesaian persoalan-persoalan matematika secara numerik. Materi (1) Pengantar Metode Numerik, meliputi: Gambaran umum metode numerik, deret Taylor, analisis galat, bilangan titik kambang, perubahan basis bilangan bulat dan bilangan pecahan, perambatan galat dan bilangan kondisi. Materi (2) Solusi Persamaan Tak linear, meliputi: metode tertutup, metode terbuka, akar polinom. Materi (3) Solusi Sistem Persamaan Linear, meliputi: Metode Eliminasi Gauss, Eliminasi Gauss-Jordan, Metode Matriks Balikan dan Dekomposisi LU. Materi (4) Interpolasi, meliputi: interpolasi polinom, polinom Newton, Polinom Lagrange, Polinom Newton Gregory, galat interpolasi polinom. Materi (5) Integral Numerik, meliputi: metode pias, metode Newton Coates, metode Kuadratur Gauss. Materi (6) Turunan Numerik, meliputi: tiga pendekatan menghitung turunan pertama secara numerik, menentukan orde galat, tiga pendekatan menghitung turunan kedua secara numerik dan menentukan orde galat.

Mata Kuliah oninmerupakan mata kuliah yang dipersiapkan untuk membekali mahasiswa kemampuan dalam mengajar.

Pada perkuliahan ini dibahas kompetensi mencari gagasan usaha antara lain cara-cara mencari gagasan usaha baru, bidang usaha kelompok kreatif, konsultatif, pelayanan, analitis serta ide usaha imitasi; kompetensi pemasaran meliputi konsep pemasaran, stratgi dan taktik pemasaran, konsep bauran pemasaran, dan penentuan target perusahaan; kompetensi manajemen keuangan dan pembiayaan usaha, memulai usaha baru, perencanaan bisnis, dan studi kasus.

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami, menerapkan, dan menjadikan pola hidup berwirausaha dengan kemampuan berkomunikasi, memimpin, dan menerapkan manajemen usaha dalam mengelola usahanya dengan baik dan benar.

Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang pengenalan dan pemahaman dasar-dasar penelitian termasuk penyusunan usulan penelitian serta pemanfaatan hasil penelitian pada pembelajaran matematika.