Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar psikologi pendidikan, tugas-tugas dan teori perkembangan, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, teori belajar, evaluasi hasil belajar, diagnostik kesulitan belajar, serta penerapannya dalam bidang pendidikan

Mata kuliah ini mengkaji tentang dasar-dasar aljabar linear yang merupakan mengembangan teori tentang vektor-vektor di R2 dan R3. Bahasan dalam mata kuliah ini meliputipengertian ruang vektor, ruang bagian, kombinasi linear, kebebaslinearan, basis, dimensi, transformasi linear, matriks representasi, nilai eigen, dan proses diagonalisasi matriks

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa pendidikan matematika, disajikan pada semester 2 (dua) dengan bobot 2 (dua) sks. Mata kuliah Pengantar Probabilitas ini merupakan salah satu materi pokok dalam ilmu matematika. Pengantar Probabilitas menyajikan teori himpunan termasuk definisi dan sifat-sifatnya, faktorian, kombinasi, permutasi, dan juga teori peluang yang mencakup peluang sederhana dan peluang bersyarat. Mata kuliah ini merupakan prasyarat untuk mahasiswa menempuh mata kuliah pengantar statistika matematika.

 

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa pendidikan matematika, disajikan pada semester 2 (dua) dengan bobot 3 (tiga) sks. Mata kuliah statistika dasar ini merupakan tahapan awal untuk mempelajari mata kuliah statistika lain, seperti probabilitas, pengantar statistika matematika, dan statistika penelitian. Mata kuliah ini dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam bidang penelitian, khususnya bagi para mahasiswa yang memilih jalur skripsi kuantitatif.

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar statistika, penyajian data dalam bentuk tabel, penyajian data dalam bentuk diagram, ukuran pemusatan data, ukuran lokasi dan dispersi data, ukuran kemiringan, ukuran keruncingan dari kurva normal, kurva normal dan kegunaannya, kurva-kurva lain dan penggunaannya, serta distribusi sampling.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa pendidikan matematika, disajikan pada semester 2 (dua) dengan bobot 2 (dua) sks. Mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran ini harus ditempuh mahasiswa sebagai dasar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sebagai seorang guru.

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat belajar dan pembelajaran, berbagai teori belajar: teori belajar behaviourisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanistik; faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, kontribusi unik dari beragam teori, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, belajar dan pembelajaran yang efektif, dan tren terbaru dalam teori belajar dan pembelajaran.

Mata kuliah ini membahas tentang integral tak tentu dan integral tertentu beserta aplikasinya. Materi mata kuliah ini meliputi: (1) anti turunan: pengertian anti turunan, teorema-teorema, dan teknik anti turunan, (2) integral tertentu: jumlah riemann, teorema-teorema integral tertentu, dan teorema dasar kalkulus, (3) aplikasi integral tertentu: luas bidang, volum benda putar, panjang busur kurva, luas permukaan benda putar, usaha, dan pusat massa, (4) fungsi logaritma, fungsi eksponen, dan fungsi hiperbolik, dan (5) teknik pengintegralan.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi konsep keruangan